Selasa, 09 April 2013

BAB I Profil Pendahuluan (th 2012)








Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan hidup dan perilaku sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal yang ditandai dengan kemampuan individu untuk hidup produktif secara sosial maupun ekonomi.
Untuk mewujudkan tujuan pembangunan kesehatan tersebut maka diselenggarakan upaya-upaya kesehatan dengan pendekatan promosi kesehatan (Promotif), pencegahan penyakit (Preventif), penyembuhan penyakit (Kuratif) dan pemeliharaan kesehatan (Rehabilitattif) yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.
      
      World Health Organization (WHO) dalam salah satu publikasi menyatakan bahwa Sistem Informasi Kesehatan dan tidak dapat berdiri sendiri harus merupakan bagian fungsional dari system kesehatan tersebut. Oleh karena itu, profil kesehatan Puskesmas Gunung Megang diupayakan untuk lebih berkait dengan sistem kesehatan.
        
    Profil Kesehatan Puskesmas Gunung Megang adalah gambaran situasi kesehatan di wilayah Pukesmas Gunung Megang yang diterbitkan setahun sekali. Dalam setiap terbitan profil kesehatan memuat berbagai data tentang kesehatan dan data pendukung lain yang berhubungan dengan kesehatan, seperti data kependudukan dan keluarga berencana. Data dianalisis dengan sederhana dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik.
        
    Dengan demikian jelas bahwa tujuan diterbitkannya Profil Kesehatan Puskesmas Gunung Megang Tahun 2012 ini adalah dalam rangka menyediakan informasi untuk mengevaluasi pencapaian Visi Puskesmas Gunung Megang yaitu “Tercapainya Masyarakat yang BerPHBS di Wilayah Puskesmas Gunung Megang dengan Bertumpu pada Pemberdayaan Masyarakat dan Pelayanan Kesehatan yang Prima”.
Untuk mencapai visi tersebut Puskesmas Gunung Megang menjabarkannya kedalam 2 (dua) misi, yaitu :
1.    Meningkatkan disiplin tenaga Puskesmas
  1. Menjalin kerja sama lintas program dan lintas sektor serta membuat standar pelayanan kesehatan
Sistematika penyajian Profil Kesehatan Puskesmas Gunung Megang Tahun 2012 adalah sebagai berikut :
BAB I             : Pendahuluan. Bab ini menyajikan tentang latar belakang dan tujuan diterbitkannya Profil Kesehatan Puskesmas Gunung Megang Tahun 2012 serta sistematika penyajiannya.

BAB II            : Gambaran Umum.  Pada bab ini disajikan gambaran umum Puskesmas Gunung Megang yang meliputi uraian tentang letak geografis, administratif dan informasi umum lainnya.

BAB III           : Situasi Derajat Kesehatan. Bab ini berisi uraian tentang indikator mengenai angka kematian, angka kesakitan dan angka status gizi masayarakat.

BAB IV           : Situasi Upaya Kesehatan. Bab ini menguraikan tentang pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan dan penunjang, pemberantasan penyakit menular, pembinaan kesehatan lingkungan dan sanitasi dasar, perbaikan gizi masyarakat, pelayanan kefarmasian dan alat kesehatan.

BAB V            : Situasi Sumber Daya Kesehatan. Pada bab ini dijelaskan tentang sarana kesehatan, tenaga kesehatan, pembiayaan dan sumber daya kesehatan lainnya.

BAB VI           : Kesimpulan. Bab ini disi dengan sajian tentang hal-hal penting yang perlu disimak dan ditelaah lebih lanjut dari Profil Kesehatan Puskesmas Gunung Megang Tahun 2012. Selain keberhasilan pencapaian bab ini juga mengemukakan hal yang dianggap masih kurang dalam rangka pembangunan kesehatan di masa mendatang.

Lampiran. Bagian ini berisi tabel resume / angka pencapaian Puskesmas Gunung Megang dan 76 tabel data kesehatan dan data yang terkait kesehatan berdasarkan jenis kelamin, Foto – foto Ruangan Puskesmas Gunung Megang dan beberapa foto-foto kegiatan yang dilakukan oleh staf Puskesmas Gunung Megang baik di dalam Gedung maupun di Luar Gedung.

0 komentar:

Posting Komentar