Senin, 06 Mei 2013

BENTUK-BENTUK OBAT

Mengapa bentuk-bentuk obat dibuat berbeda- beda, bukan ?
Ada banyak alasan-alasannya,aantara lain:
1.Anak-anak Balita yang sukar minum obat dalam bentuk tablet,tentu harus dicari bentuk lain seperti Sirup,Drops dan Puyer.

2.Obat-obatan yang umum biasanya dibuat dalam bentuk bulat pipih yang dikenal dengan nama TABLET Ada pula beberapa tablet yang sengaja dibentuk khusus seperti:

Tablet berbentuk SEGITIGA
- Tablet berbentuk SEGIEMPAT
- Tablet berbentuk KAPSUL yang disebut KAPLET,CAPLET atau CAPTAB.

Bentuk tablet ini saja ada beberapa macam,a.L:
-Tablet berlapis dua,Tablet beriapis 3 (2 or 3 layers tablet)
-Tablet pertepasan lambat (= Sustained released tablet atau Gradumet)
-Tablet kunyah,yang cara makannya dikunyah teriebih dulu baru ditelan(Contohnya: untuk pengobatan sakit Maag misalnya)

3.Obat-obatan yang rasanya pahit atau dapat merangsang lambung harus dibalut dan diberi lapisan gula yang kemudian Kita kenal dengan nama: Dragee atau Sugar Coated tabletBisa juga rasa pahit itu hilang,apabila dimasukkan kedalam bentuk obat yang kita kenal dengan nama KAPSUL atau CAPSULE

4.Obat-obatan yang harus larut didalam usus harus diberi lapisan yang tahan temadap asam lambung dan disebut dengan nama : ENTERIC COATED TABLETS.

Ada juga tablet yang dtlapisi oleh selaput film; maka disebutnya: FILCOTAB (= Film coated tablet) atau FILCOCAP( = Filmcoated caplet)

5.Obat-obatan yang digunakannya untuk keperliuan penyakit wasir didubur,harus dibuat dalam bentuk seperti torpedo dan dari bahan yang mudah meleleh pada temperatur badan, dan disebut dengan nama : SUPPOSITORIA.

6.Obat-obatan yang digunakannya untuk keperiuan infeksi rongga mulut,harus dibuat dalam bentuk TABLET HISAP (= Troches, Pastilles) atau dalam bentuk SEMPROTAN (=Spray)

7.Obat-obatan yang cara minumnya hams dilarutkan dulu dalam 1 gelas air disebutnya EFFERVESCENT TABLET atau TABLET BUIH.

8.Obat-obatan yang digunakannya untuk keperiuan didalam rahim wanita,kita kenal dengan nama VAGTAB (=Vaginal tablet) atau OVULA.

9.Obat-obatan yang digunakannya dengan menggunakan alat suntik.kita buat dalam bentuk ampul @ 1 cc, 2cc, 5cc, 10 cc alau dalam FLACON / VIAL @ 10 cc biasanya. Untuk keperiuan INFUS dibualnya dalam botol / kemasan plastik@ 500 cc.

10.Obat yang digunakan untuk dilekatkan pada kulit,dibuat dalam bentuk macam-macam ,
a.l.: SALEP - KRIM - PASTA dalam tube atau pot Juga bisa dalam bentuk PLESTER berbentuk lembaran sejenis SalonPas atau Koyo Cabe atau dalam bentuk GAAS/KASA seperti SOFRA-TULLE atau DARYANT TULLE. Juga akhir-akhir ini dibuat tablet mini yang dimasukkan dibawah kulit yang kita sebut dengan nama: SUSUK atau IMPLANT. Obat-obatan yang digunakannya dengan cara menyedot melatui mulut, ditaruh dalam alat khusus dan disebut dengan macam
-macam nama seperti: NEBULIZER, INHALER, SPRAY. Obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan mata, dibuat dalam bentuk : SALEP MATA didalam tube atau CAIRAN didalam botol tetes berpipet.

11.Obat-obatan didalam laiutan minyak kini dapat dibuat dalam bentuk kapsul yang disebut dengan nama KAPSUL LUNAK atau SOFT CAPSULE.KAPSUL dimana isinya zat benXhasiat digunakan untuk perilpasan lambat,disebutnya REPECAP.

sumber : http://www.farmasiku.com/index.php?target=pages&page_id=Bentuk_Bentuk_obat

1 komentar:

  1. KUNJUNGI BLOG KAMI :
    Semoga Bermanfaat..
    • www.raja-bisnisnet.blogspot.co.id
    • www.kompas-net7.blogspot.co.id
    • www.maslukiss.blogspot.co.id
    • www.maslukis.com

    BalasHapus