Senin, 06 Mei 2013

MAKANAN YANG KITA BUTUHKAN

Jenis Makanan yang kita butuhkan haruslah terdiri dari :
A. Karbohidrat
B. Protein
C.Lemak
D. Vitamin
E. Mineral
F. Air

Sedangkan istilah: Makanan 4 Sehat 5 Sempuma terdiri dari:
Nasi (Karbohidrart)
Daging atau Tempe (Protein)
Sayur Mayur (Vitamin + Serat)
Buah-buahan (Vitamin + Mineral Air)
Susu (Lemak + Protein + Air)

Karbohidrat dan Lemak diperlukan oleh tubuh untuk energi (= energy),untuk pertumbuhan,untuk bekerja,untuk memelihara fungsi tubuh, sedangkan Protein,vitamin.mineral dengan penambahan air dan Oksigen diperlukan untuk metabolisme (= pertukaran zat) dan mereparasi jaringan tubuh. Sekarang ini banyak beredar campuran makanan yang mengandung Protein, karbohidrat, lemak, vitamin. Mineral yang dicampur dengan ganggang dalam bentuk tablet dengan nama macanvmacam Chlorella. Dalam keadaan anda sedang iidak ada nafsu makan, pada waktu baru sembuh dari sakit, minum tablet sejenis itu bisa menolong. Banyak orang salah menafsirkan karena diberitahukan/dipromosikan bahwa tablet tsb dapat mengobati macam-macam penyakit.

KARBOHIDRAT (ZAT HIDRAT ARANG)

Karbohidrat merupakan sumber utama enersi tubuh kita. Hasil akhir setelah dicema,jadilah Glukosa atau gula darah yang menjadi sumber enersi yang essensial terutama untuk otak dan susunan syaraf sentral.Bila anda makan terlalu Danyak karbohidrat,lebih daripada kesanggupan tubuh anda untuk mengubah gula darah menjadi glikogen,yang kemudian akan disimpan didalam hat) dan otot,maka gula darah anda yang selebihnya itu akan diubah menjadi lemak dan hasilnya adalah anda menjadi gemuk. Lama-lama memang bisa menimbulkan penyakit kencing manis apalagi bila anda tidak banyak menggunakan enersi seperti gerak dan latihan (Olah raga).
Apabila tubuh anda memertukan lebih banyak enersi,maka lemak tsb akan diubah lagi menjadi glukosa atau gula darah dan anda akan kehilangan berat anda kembali. Contoh-contoh Karbohidrat yang kita dapati dalam bahan alami: Tepung,Gaplek,jagung,Gandum,Beras Merah,Pisang,Gula Pasir,Gula Jawa,Rob,Kue-Kue,Bubur,Ketela Pohon,Ketela Rambat,Ragi.

PROTEIN (ZAT PUTIHTELUR)

Protein didalam tubuh kita akan diubah menjadi asam amino.Kita kenal ada 22 buah macam asam amino diantaranya ada 8 buah asam amino yang tubuh kita tidak bisa membuatnya, sehingga haais diambil dari luar, yaitu dari makanan dan minuman kita sehari-hari. Oleh karena itu ke-8 asam amino itu disebut ASAM AMINO ESENSIAL.
Ke-8 macam asam amino esensial itu adalah:
-LEUCINE
-ISO LEUCINE
-LYSINE
-METHIONINE
-PHENYLALANINE
-THREONINE
-TRYPTOPHAN
-VALINE

Sebetulnya masih ada asam amino esensial yang ke-9 yaitu asam amino yang benama: HISTIDINE,tetapi hanya esensial untuk anak-anak dan bayi saja.Banyak orang mengira bahwa makan protein tidak akan menjadikan gemuk.Padahal 1 gram Protein sama dengan 1 gram Karbohidrat karena sama-sama menghasilkan 4 kalori.Sekarang banyak dijualbelikan protein dan asam amino sebagai Food Supplement Bila anda menggunakannya,sebaiknya harus dibawah pengawasan dokter sebab bisa membahayakan. Karena apa ? Karena ada yang bisa menaikkan tekanan darah, apalagi bila diberikan dalam jumlah yang banyak.Kebutuhan orang dewasa akan protein minimal 0,36 x berat badan dibagi 2.Jadi seorang dgn berat 66 kg membutuhkan (0,36 x 66) : 2 = 11,88 gram protein.

Contoh-contoh Bahan yang mengandung Protein: Kacang-kacangan(Kacang Hijau,kacang tanah,Tempe,tahu,Daging ,telue,kecap,Oncom,bekatul,bungkil kelapa.Apabila tubuh kita kekurangan Protein,maka akan timbui penyakit yang disebut dengannama: KWASHIORKOR dengan gejala Bengkak dimuka/kaki,berat dan panjang badan tidak sesuai dengan semustinya.

ASAM AMINO ESENSIAL

Asam amino esensial adalah asam amino yang dibutuhkan untuk nutrisi manusia dan tidak dapat disintesa didalam tubuh, jadi harus ditambahkan dan luar.

1.TRYPTOPHAN-berkhasiat:
a.sebagai obat tidur (menolong kita bisa tidur)
b.sebagai antidepresantia.
c.dapat mengurangi ketegangan dan kekuatiran.
d.mengurangi perasaan kepekaan nyeri. Jangan makan lebih dari 2 gram Tryptophan untuk 1 x minum sebab dapat menaikkan tekanan darah anda! Sumber alami yang mengandung Tryptophan adalah: Ikan - Susu - Daging - Keju - Kacang - Rsang - Kalkun dan segala makanan yang mengandung protein tinggi.

2.PHENYLALANINE - berkhasiat:
a.Dapat memperbaiki daya ingat / mental.
b.Dapat menambah keinginan daya seks.
c.Dapat mengurangi rasa lapar.
d.Dapat menaikkan tekanan darah. Sumber alami yang mengandung Phenytalanine adalah:
Kedele,Susu Skim kering,Kacang,Semangka,Wijen,Keju dan segala macam makanan yang mengandung protein tinggi.Di USA kini telah beredar DLPA ( DL Phenytalanine) yaitu campuran sama banyak dari Phenytalanine sintetik dan alami, yang digunakan sebagai: Obat Penghilang Rasa Sakit alamiah dan anti Stress.(Lihat juga dibawah ' Upaya mencegah Stress')

3.METHIONINE - berkhasiat:
a.Dapat menolong Schizophrenia
b.Dapat menghindari oedema,karena terganggunya proses pembuatan urine.
c.Dalam melarutkan kolesterol.

4.LYSINE - berguna dafam pembentukan hormon,antibodi,enzim,dalam pertumbuhan dan reparasi jaringan serta dapat berkonsentrasi lebih baik.5.Valine 6.Threonine 7.Leucine 8. so Leucine : Berguna dalam nutrisi manusia.


ASAM AMINO NON-ESENSIAL

Asam amino non-esensial bukan berarti tidak diperlukan oleh tubuh,bedanya tianya dikarenakan yang non-esensial dapat dibuat oleh tubuh kita sendiri. Kenyataannya asam amino ARGININE - ORNITHINE - GLYCINE -TYROSINE - dan TRYPTOPHAN dapat menstimulir sekresi hormon Pertumbuhan dengan bekerjasama dengan vitamin B3 - B6 - C serta mineral Zn-Ca-Mg-K Sedangkan asam amino GLUTAMINE - GLUTAMIC ACID - ASPARTIC ACID berkhasiat sebagai petindung sistem syaraf pusat,dapat menetralisir Kelebihan Amonia yang diproduksi tubuh yang dapat menggangu fungsi otak.Asam amino lainnya yang mengandung zat beterang (Sulfur) seperti: CYSTINE - CYSTEINE - METHIONINE - TAURINE berguna juga sebagai pelindung temadap keracunan logam berat seperti Tembaga.dan juga menjpakan zat anti menjadi tua (= anti aging nutrient) Asam amino L-CARNIT1NE berkhasiat sebagai andhipertipoproteinemika dan menstimutir sekresi lambung dan pankreas.

LEMAK

Kalau kita berbicara tentang lemak,maka banyak orang tentu akan menghubungkannya dengan kolesterol dan trigliserida.Orang menjadi takut
untuk makan lemak selanjutnya karena mengetahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan serangan jantung.
Juga banyak orang mengira bahwa dengan berolahraga seperti bermain tenis lapangan,kadarkolesterol bisa turun.Hafinikelirv.'Yang turun adalah hanya
kadar Trigliserida-nya.

Contoh-Contoh bahan alami yang mengandung lemak:

Minyak-Kemiri-Kelapa-Keju-Lemak sapi-Mentega-Susu-Kacang-Kacangan-Lemak babi.

KOLESTEROL ^CHOLESTEROL)

Kebutuhan tubuh akan kolesterol sebesar 80% diambil dari luar dan 20% dibuat sendiri oleh tubuh kita.Dan paling sedikit kolesterol didalam tubuh kita dibuat/dibentuk oleh hati(=iiver) dan didalam usus kita. Kolesterol tersimpan terbanyak dibagian otak.dikelenjar adrenal dan dilapisan serat syaraf.Didalam darah kolesterol bisa mengalir kemana-mana karena terikat dengan protein yang kita kenal dengan nama Lipoprotein.

Apabila koiesterol leriKa! dengan protein bermolekul rendah (Low Density) maka disebutnya dalam Laboratorium klinik dengan istilah LDL (= Low Density Lipoprotan).Jumlahnya dalam darah sebanyak 65 % Adapula kolesterol) yang terikat dengan protein bemioiekul sangat rendah (Very Low Density),jumlahnya sebanyak 15% dan disebut VLDL (= Very Low Density Lipoprotein ) VLDL ini terdiri dan 5/6 bagian trigliserida dan 1/6 bagian kolesterol.Sisanya sebanyak 20% koiesterol terikat dengan protein bermolekul tinggi (High Density) dan didalam Lab.Klinik dikenal dengan istilah HDL (=High Density Lipoprotein). Protein yang terikat dalam HDL adalah sebagian besar terdiri dari LECITHIN , yang oleh karena daya detergentnya dapat menyebabkan koilsterol melanjutkan dan mengalir didalam darah tanpa menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah arteri.Jadi apabila kadar HDL anda didalam darah makin tinggi,maka kemungkinan Hmbul gejala-gejala penyakit jantung koroner anda makin ketil. Oleh karena itupula ada yang mengartakan bahwa HDL adalah koiesterol yang baik ( = Good Cholesterol). Supaya para pembaca mengerti lebih jelas lagi tentang koiesterol dibawah ini kami beritahukan tahapan-tahapan yang terjadi pada waktu pembentukan Koiesterol didalam tubuh kita mulai dari masuknya makanan lalu menjadi Glukosa didarah dan diotot dan kemudian diubah lagi menjadi akhimya koiesterol.

SINTESA KOLESTEROL & TRIGLISERIDA

+02 glikdisis--------> C02 + H20
GLUKOSA —>Asam Piruvat<02

+AsetilCoA Asam Laktat
Sorbitd H.M.G. (Hidroksi-metil-glutarat)
OBAT (STATINS) menghambat hmg-cOa-reduktase

Gliserol Asam Mevalonat
I +ATP Squalene
Trigliserida
Lanosterol Koiesterol

Jadi sekarang anda sudah bisa mengerti bahwa tubuh kita dapat membuat kolesterol sendiri dari makanan yang kita makan, sesudah diubah menjadi glukosa kemudian menjadi asam pinjvat - hidroksimetilgulatarat M.M.G.J -asam mevalonat - squalene - lanosterol - koiesterol. Selain itu periu anda ketahui bahwa:

Koiesterol digunakan untuk 6 macam kebutuhan tubuh.yaitu:
1.sebagai bahan sumber untuk membuat membran sel.
2.sebagai bahan sumber pembuatan vitamin D dengan bantuan sinar U.V. dari matahari.
3.Sebagai bahan sumber untuk pembuatan garam empedu untuk meng-emulsi (mencema) lemak & minyak yang kita makan.
4.Sebagai bahan sumber untuk membuat hormon seks pria (testosteron) maupun wanita (estriol)
5.Sebagai bahan sumber untuk pembuatan hormon Gluko-kortikosteroida seperti Hidrokortison.(zat yang dapat menetralkan peradangan yang sering ditimbulkan oleh Stress).
6.Sebagai bahan sumber untuk pembuatan hormon Mineralo-kortikosteroida seperti Aldosteron.
Jadi : Berdasarkan hal tsb diatas anda tentunya sudah dapat memahami bagaimana untuk mengurangi atau menumnkan kadar koiesterol ditubuh anda secara alamiah tanpa menggunakan obat-obatan. dengan berjemur dimatahari, ad 3 & 4) dengan hubungan intim/masturbasi/onani)
Adapula segolongan obat yang disebutnya UPOTROPIK,yang mengandung Methionine - Choline - Betaine - Inositol yang khasiatnya al: Untuk mencegah berakumulasinya (emak yang beriebihan /abnormal didalam hali (liver) dengan cara memperbanyak produksi lecithin didalam hati kita. Seperti telah kami jelaskan diatas bahwa lecithin mengikat koiesterol menjadi HDL dan mengalirkannya didalam darah tanpa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri.


BEBERAPA MAKANAN YANG MENGANDUNG KOLESTEROL PER 100 GM (Diambil dari buku Obat-Obat Penting karangan Drs.H.T.Tan & Drs.Kirana R.)
OTAK 3100mg Lemak sapi/babi 80mg
Kuning telur 1500mg Mentega 250mg
Hati sapi/babi 300 mg Keju 100mg
Hati ayam 500 mg Ikan bandeng 100mg
Ginjal 400 mg Ikan kakap 80mg
udang 250 mg Sayur mayur 8O

MENURUNKAN/MENAIKKAN KADAR KOLESTEROL
Selain cara alamiah menurunkan kadar kolesterol (lihat dihal.17). dibawah ini kami salinkan daftar bahan-bahan alami dan keadaan yang dibuat deh Earl Minden R.Ph.,PRD.-USA didalam bukunya 'Vilamin Bible' yang dapal:
MENAIKKAN KOLESTEROL- MENURUNKAN KOLESTEROL
ROKOK EGGPLANT
BHT (zat pengawet Buty)
-Bawang (Onions) yg mentah Hydroxy-Toluen)& dimasak.Yg digorengffried)
PCBs(ChIorinatedBipbe
- Yoghurt
- Kedelenyls)
Wortel mentah
KOPi
Pektin
PIL KB
Serat (Fiber)
STRESS
Minyak yang tidak jenuh Gula yang dimumikan Lecithin Lipotropik Lemak padat VitC. Vit.E dan Niacin
RESIKOTINGGI(dlm darah)
> 185MGPERDeciiiier
> 220 MG PER Deciliter
> 240 MG PER Deciliter
> 260 MG PER Deciliter

KADAR KOLESTEROL
UMUR 2-9TH. 20-29 TH 30-39 >40TH.


DAFTAR OBAT-OBAT YANG MEMPENGARUHI KADAR KOLESTEROL

1)Obat-obat yang dapal menyebabkan naiknya kadar kolesterol didalam darah:
- Anabolic steroida
- Chenodiol
- Disopyramide
- Diuretika gol.Thiazida
- Trimeprazine

2)Obat-obat yang dapat menghambat sintesa kolesterol & lipoprotein lain:
-Niacin
- Lovastatin & derivat
Obat golongan STATINS seperti Atorvastatin
- Cerevastatin
- Fluvastatin
- Lovastatin
- Pravastatin
- Simvastatin bekerjanya memang menghambat pembentukan H.M.G. salah satu produk antara dalam proses pembentukan kolesterol didalam tubuh.

3)Obat-obat yang mempercepat 'Clearance' Lipoprotein didalam darah:
Clofibrate
- Gemfibrozil

4)Obat-obat yang mempercepat penguraianya hilangnya Lipoprotein:
- Cholestyramine
- Coiestipol
- Probucol

Cholestyramine. dan Coiestipol bereaksi dengan garam empedu menghasilkan produk yang tidak larut dan tidak diresorpsi usus sehingga keluar bersama faeces/tinja. Karena garam empedu dibuat dari kolesterol maka dapat dimengerti bahwa kadar kolesterol menurun. Periu diketahui oleh masyarakat awam bahwa kolesterol adalah salah satu Lipoprotein.

DAFTAR PENYAKIT YANG DAPAT MENYEBABKAN NAIKNYA KADAR KOLESTEROL

1) Penyakit Hipotiroidism rexia nervosa phyria intermiten akut
2) Penyakit Cirrhosis
3) Penyakit Ano

4) Penyakit Nephrosis
5) Penyakit Por

TRIGLISERIDA
Trigliserida termasuk juga dalam golongan LEMAK,hanya saja rumus kimianya tidak sama dengan kolesterol. tidak mempunyai stmktur STEROIDA tetapi terdiri dari ester gliserol 3 molekul dengan asam lemak. Karena itu Trigliserida dapat terurai dengan jalan pembakaran/oksidasi seperti diwaktu kita berolahraga.

DAFTAR OBAT-OBAT YANG DAPAT MENYEBABKAN NAIKNYA KADAR TRIGLISERIDA DIDALAM DARAH:
Kortikosteroida
- Estrogen
- Kontraseptrf oral
- (so Trelinoin - Timolol -Diuretika gol.Thiazide

DAFTAR OBAT-OBAT YANG DAPAT MENGURANGI KADAR TRIGLISERIDA : Fenofibrate (derivat Fibric acid) - NtediT- Gemfibrozil I

Perlu anda ketahui bahwa Kandungan

Kolesterol Trigliserida Protein Fosfolipida
HDL 25% 5% 50% 20%
LOL 70% 5% 13% 12%
VLDL 20% 50% 10% 20%
IDL 30% 40% 15% 15%
ChylomiKron4% 85% 2% 9%

HDL = High Density Upoprotein
LDL= Low Density Lipoprotein
VLDL = Very Low Density Lipoprotein
IDL = Intermediate Density Lipoprotein Chylomikron dan VLDL berfungsi sebagai alat pengangkut bag! trigliserida dan asam lemak bebas. IDL adalah zat antara pada perubahan VLDL ke LDL
Kadar kolesterol dan trigliserida yang ideal adalah sbb.:
Kolesterol total < 5.2 mMol/Liter (200 mg%)
Trigliserida total < 1.7 mMol/Liter {155 mg%)
LDL < 3.2 mMol/Uter
HDLpria > 1.16 mMol/Liter
HDL wanita > 1.42 mMol/Uter
Faktor perhitungan Kolesterol: mMcJ/L = 0.0259 x mg

Agar resiko anda mendapatkan gangguan jantung (coroner kecil, maka harap anda menjaga; Koleslerol anda jangan lebih dan 200 mg% & Trigliserida anda
jangan lebih dari 155mg%. Juga perbandingan antara kolesterol dengan HDL anda jangan sampai lebih dari 5:1.

VITAMIN

Khusus tentang Vitamin perlu kami jelaskan lebih terperinci,karena apa ? Karena ada banyak teman-teman kami bahkan bukannya tidak mungkin masyarakat awam beranggapan bahwa bila mereka minum vitamin saja, mereka sudah akan merasa segar dan dapat menjadi sehal. Apalagi bila mendengar atau membaca orang mengiklankan sesuatu yang menyatakan bahwa minum vitamin akan bisa menambah nafsu makan atau menjadi kuat atau memulihkan stamina yang loyo.Anggapan semacam ini adalah tidak benar! Vitamin adalah zat organik yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam jumlah yang sangat kecil agar tubuh dapat berfungsi normal. Vitamin mengatur metabolisme tubuh kita melalui sistim enzim. Kekurangan 1 (satu) macam vitamin saja dapat mengganggu kesehatan kita.

Perlu pula anda ketahui bahwa:
TUBUH KITA MEMERLUKAN KEBERSAMAAN, artinya: MAKAN VITAMIN SAJA TANPA MINERAL tidak ada gunanya.
MAKAN NASI (Karbohidrat) dengan ikan asin (protein) saja tanpa tambahan vitamin dan mineral serta lemak yang cukup, juga kurang sempuma.
Oleh karena itu apabila makanan anda tidak bisa memenuhi kriteria 4 SEHAT - LIMA SEMPURNA ,maka anda harus melengkapi sendiri dengan vitamin dan mineral.

VITAMIN itu digolongkan menjadi 2 bagian:

1. Vitamin yang larut didalam air yaitu: Vitamin C,Vitamin BKompleks (Vit.B1-VitB2-Vit.B3-ViLB5-Vit.B6-Vit.B12)
2. Vitamin yang larut didalam minyak, yaitu: Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin K.

KEGUNAAN (KHASIAT) VITAMIN

VITAMIN A - Mencegah terjadinya penyakit BUTA MALAM,meningkatkan pertumbuhan tulang yang kuatkulit yang sehat.mencegah penyakit Xerophtalmia, jerawat Dosis perhari: 40001.U. -50001.U. Nama lain untuk vit.A adalah Axerophtof.

VITAMIN B1: Mencegah penyakit Beri-Beri, meningkatkan pertumbuhan,membantu pencemaan karbohidrat,menomialkan sistim sya-raf, otot dan fungsi jantung, mabok udara. Dosis per hari: 1-1,5 gram.
Nama lain untuk vit.BI adalah Aneurin HCL alau Thiamine.
VITAMIN B2: Mencegah luka-luka diselaput lendir mulut,bibir,genilalia,membantu metabolisme. Dosis per hari: 1,2 mg -1,7 mg
Nama lain untuk vit.B2 adalah Riboflavin atau vitamin G.
VITAMIN B3; Mencegah penyakit kulil Pellagra,vitamin ini diperiukan dalam sintesa hormon-hormon seks.kortikosteroida, insulin dan thyro-xine.
Nama Ian untuk VH.B3 adalah Niacinamide atau Nicotinamide.
VITAMIN 85: Mencegah gangguan kulil,lukak duodenale,mencegah hipoglicemia, periu untuk sinlesa antibodi. Dosis per hari: 10 mg.
Nama lain untuk VUB5 adalah Pantothenas Ca
VITAMIN B6: Mencegah dermatitis,glossitis,anemia,menghilangkan rasa mual, periu dalam sintesa RNA-DNA. Dosis per hari 1,8 mg-2,2 mg.
Nama lain untuk V1LB6 adalah Pyridoxine HCL
VITAMIN 812: Mencegah penyakit Anemia pemiciosa dan kerusakan otak,Membentuk sel darah merah,menambah nafsu makan pada anak-anak, meningkatkan pertumbuhan. Dosis per hari:3 meg.
Nama lain untuk VU.B12 adalah Cyanocobalamine
VITAMIN B13: Turut dalam metabolisme Vit.B12 dan fcJic acid {= asam folat)
VITAMIN B15: Mencegah gangguan syaraf dan kelenjar, memperpanjang hidup sel-sel tubuh.
VITAMIN B17: Menambah resistensi tubuh terhadap penyakit kanker.
VITAMIN Bx : Mencegah eksim, mencegah uban, menjaga kulit menjadi sehat.
VITAMINC : MencegahSKORBUT/SARIAWAN.membantupenyembuhan dan membantu pembuatan Collagen. Dosis per hari 60 mg
Nama lain untuk vit.C adalah Asam askoibat
VITAMIN D : Mencegah penyakit Ricketsiosis,osteoporosis,gigi rusak. Dosis per hari 4001.U.
Nama lain untuk vit.D adalah: Calciferol
VITAMIN E : Mencegah degenerasi otot,rusaknya sel darah merah,menghambat menuanya sel-sel tubuh.Dosis per hari: 8 LU.-101.U.
Nama lain untuk vit.E adalah Tocophero
VITAMIN F : Mencegah eksim,jerawat,mencegah deposit kolesterol dalam pembuluh darah arteri,meningkatkan pertumbuhan rambut dan kulit yang sehat.
VITAMIN G : Lihat vitamin B2!
VITAMIN H : Mencegah eksim dimuka dan dibadan, menjaga rambut supaya sehat.Dosis per ban: 150 meg - 300 meg.
VITAMIN K : Mencegah colitis,sariawan,membantu mencegah pendarahan didalam (internal)
Vitamin K :ada 3 macam: Vitamin K1-Vitamin K2-Vitamin K3 Vit.Kl dan vit.K2 dapat dibuat deh Bakteri didalam usus sedangkan Vit.K3 dibuat secara sintetis. Dosis Vit.K3 jangan metebihi 500 meg!
VITAMIN M : Mencegah penyakit anemia makrositik, periu dalam pembuatan sel darah merah dan asam nukleat.RNA - DNA.Dosis per hari 400 meg. Nama lain utk vitamin M adalah Asam folat (Folic acid)
VITAMIN P : Mencegah rapuhnya pembuluh darah kapiler.
Dosis VHP : Vit.C = 1:5
VITAMIN T : Membantu koagulasi darah,mencegah hemofilia.
VITAMIN U : Membantu penyembuhan tukak lambung.

FAKTOR-FAKTOR LAIN YANG DAPAT MENGURANGI PERSEDIAAN VITAMIN DIDALAM TUBUH KITA
A.Obat-obatan
B.Lingkungan
C.Lain-Lain :
1.Menghisap sebatang rokok saja dapat merusak sampai 100 mg vitamin C.
2.Kota-kota yang berfcabut ditempat-tempat dingjn dapat menyebabkan penduduknya membutuhkan lebih banyak vitamin D,karena sinar U.V.dari matahari diserapnya.
3.Minum minuman Kopi dan Teh dapat mengurangi kadar vitamin C,vitamin B1,mineral Zink dan Kaiium didalam tubuh kita.
4.Makan coklat atau minum minuman coklat sama seperti minum kopi dan the.karena coklat mengandung bahan berkhasiat yang sama dengan kopi dan the.
5.Obat-obatan yang dapat menyebabkan berkurangnya vitamin dan mineral didalam tubuh kita adalah sbb.: (disusun oleh Ear) Mindell R.Ph.,Ph.D.)

OBAT-OBAT

Alcohol (termasuk obat -obatan Beralcohol spt ELIXIR) Ammonium chloride (terdapat Dalam banyak Obat batuk) Antacida (Obat Maag) Antihislaminika Asetosal
Barbital (Obat tidur) Caffein Castor Oil (Obat kuras) Chemoterapeutika seperti:
- Chloramphenicol
- Kanamisin
- Penisilin
- Sulfa Sistemik
- Tetrasiklin Clofibrate
Colchicifie (Obat encok) Coumarin Diuretika seperti: -HOT-Furosemide -Triamterene Dietilstilboeslrol Fluoride Isoniazide (INH) Minyak mineral Nitrofurantoin Pil KB oral
Phenylbutazon (Obat rematik) Phenyloin (Obatepilepsi) Prednison (Kortikosteroida) Ptopantheline Pyrimethamine (Obat malaria) Trifluoperazine

VITAMIN Mineral YANG BERKURANG :

Vitamin A. Vit.B1, ViLB2, W.B12.asam folat,Magnesium Vitamin C,Vit.B kompleks,Vit.A
Vit.C
Vit.C,Vit.A,Vit.B Kompleks,Ca,K.
Vit.C,VIt.A, ViLD,asam Wat
Vit.C,Vit.B1.Zink dan Kalium
VitA,Vit.D, ViLE. ViLK ,Ca, Fosfat
Vit.K dan niacin
Vit.K,Vit.B12
Vit.BS, niacin, ViLK.
Vit.K,Vit.B2,asam folat
VitK,Calcium,Magnesium,zat besi
Vit.K.
Vit.A. VIt.B12 dan Kalium
Vit.A,Vit.K.
Vit.B kompleks,Zink,Mg,Kalium
Vit.B kompleks,Zink,Mg,Kalium,Asam folat
V1t.B6,Vit.C,V1t.B6
VitA.ViLD,ViLE, Vit K. Ca dan fosfat
Asam folat Vit,B2,ViLB6.Vit B12,Vit C,Vit E,asam folat Asam folat.Vit D dan asam folat. Vit B6,Vit C,Vit.D,Zink dan Kalium
Vit.K,Asam folat Vit.B12

MENCARI VITAMIN DIBAHAN ALAMI
MACAM VITAMIN TERDAPAT DIBAHAN ALAMI:

Vitamin A (AxerophtoyRetjnol),
Vitamin B1(Tliiamine/Aneurin),
Vitamin B2(Riboflavin/Vitamin G
Vitamin B3(Ni aci n/Niadnamide/n icotinam ide/NicotJnic add),
Vitamin B5(Pan thenol/C a-pan loth enate/Pantothenic add),
Vitamin B6(Pyridoxine)
Vitamin B12(Cyanocobalamine),
Vitamin B13(asam/Ca-orotat),
Vitamin B15(Pangamic add),
Vitamin B17(Amygdalin/Laetrile),
Vitamin Bx(PABA/p-aminobenzoic add)

Vitamin C(asam askorbat/ascorbic acid),
Vitamin D(Caldferol/Ergosterol),
Vitamin E (Tocopherol),Minyak lkan,hati(liver),telur, papaya tomat,mentega,sayur mayur hijau/kuning,wortel.Ragi Brewe, padi-padian,daging,hati,Kacang-kacangan, kentang.Susu,hab,ginjal. Hati(liver),produk sereal (padi-padian)ragi,ginjal,ikan,telur,kacang,buah alpokat. Daging,padi-padian, ginjal,hati,sayur hijau, jantung,ragi.ayam,kacang.Ragi kering, kacang-kacangan.ikan, sereal, daging, hati. Hati(liver), daging, telur, susu, semua hasil produk susu. Akar sayur-sayuran, cairansusu asam Ragi Brewer, beras merah, sereal, biji wijen, biji semangka.
Biji aprikot. apel, cherry.peach, plum.Hati, ragi,glnjal, sereal, beras ,molasse,Buah-buah jeru,tomat,kol,ken:ang,sayur hijau.
Minyak ikan, mentega,hati, ikan sardin,ikan tuna, kuning telur, sinar matahari,susu.
Wheat Germ, kedele, minyak sayur, telur ,gandum, sereal, broccoli, spinach (=bayem), daun-daun hijau.
Vitamin F(Linoletc acid/Unolenic acid/Arachidonic acid),Vitamin G,Vitamin H(Biotin/Co-Enzym R),Vitamin K (Menadion) Vilamin M (folic arid)
Vitamin P(Rutin/Hesperidin/Bioflavonoids) Vitamin T Vitamin U.
Minyak nabati (Lihat pada Vitamin B2). Kacang-Kacangan, buah,ragi, hati babi, kuning telur,ginjal,susu, beras tumbuk.
Yoghurt, minyak kedele,minyak ikan. Sayur hijau.wortel, kuning telur.semang Ka, adpokat, tepung terigu. Bagian kulit jenjk yang berwama.
BijiWijen, kuning telur. Kubis (kol) mentah.

PERHATIAN:

Vitamin B kompleks terdiri dari campuran -campuran VitB (B1-B2-B3-B5-B12)
Macamnya tiap tablet Vit.B kompleks dari tiap pabrik obat berbeda komposisinya maupun jumlahnya.
Termasuk juga dalam golongan Vit.B kompleks, yaitu:
CHOLINE - berkhasiat sebagai Lipotropik(meng-emulsi lemak), mencegah kerasnya pembuluh darah arteri. Dosis dewasa: 500 - 900 mg sehari.
Terdapat di kuning telur, otak, jantung, had, sayur hijau & ragi. INOSITOL - berkhasiat sebagai Lipotropik juga dalam metabolisme lemak dan kolesterol, mencegah rambut rontok. Dosis dewasa: ± 1 gram sehari.
Terdapat di hati, ragi, otak dan jantung sapi, anggur, kismis, kacang dan kubis.

MINERAL

Yang dimaksud dengan MINERAL sebetulnya adaJah garam-garam anorganik,yang dalam istilah Kimianya dikenal dengan nama Kalion dan Anion.
Mineral seperti juga Vitamin sangat dibutuhkan untuk tubuh kita supaya dapatberiungsi normal.
Dibawah ini kami jelaskan Mineral Esensial yang hams dimakan/diminum olehkita, yaitu:

MINERAL ESENSIAL

1. Calcium 2. Magnesium 3. Zink 4. Selenium 5. Besi(lron)
6. Mangaan 7. Tembaga 8. Cobalt 9. Chromium 10. Molybden
11.Kalium 12. Natrium 13. Chloride 14. Iodide 15. Fluoride
16. Sulfur 17. Phosphor 18. Vanadium

KEGUNAAN MINERAL ESENSIAL

1. CALCIUM (Ca) 8 PHOSPHOR (P) bekerja bersama-sama untuk kesehatan gigi dan tulang.
SUMBER ALAMI Ca + P: Bone-meal (= BeenderMee! = le-pung tulang)
SUMBER ALAMI Ca: Keju,susu,kacang kedele,kacang-kacangan, sayur hijau, sardin.
SUMBER ALAMI P: Ikan,telur,kacang,daging ternak.Calcium dan Magnesium bekerja bersama-sama untuk kesehatan pembuluh-pembuluh jantung (= Kardiovaskuler).
SUMBER ALAMI Ca + Mg: Dolomite
SUMBER ALAMI Mg: Jeruk, anggur, kacang, apel, sayur hijau.
Kadar Calcium didalam - Calcium carbonate {40% Ca) - Calcium citrate (24% Ca) - Calcium lactale (18% Ca) - Calcium gluconate (9% Ca)

2.ZINK (Zn) penting didalam sintesa protein,dalam pebenlukan collagen,menghindarion problema prostata,infertilitas.
SUMBER ALAMI Zn: Ragi.telur,biji semangka,susu kering fat,daging sapi,daging kambing,daging babi.

3.SELENIUM {Se) dan Vit.E bekeija sinergistik,sebagai antioksidantia,dapat mencegah/memperlambat proses mengeras/menuanya jaringan-jaringan.
SUMBER ALAMI Se: Ikan tuna,tomat,bawang,wheat-geim,brokoli.

4.BESI (Fe atau Iron) diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dalam butir darah merah.
SUMBER ALAMI Fe: hati babi,ginjal sapi,jantung dan had,kuning telur,kerang,kacang, sparagus.

5.MANGAAN (Mn) penting untuk sisb'm syaraf pusat dapat berfungsi dengan normal,untuk pembentukan Thyroxine dan dapat memperbaiki daya ingat seseorang.
SUMBER ALAMI Mn: Sayur-sayuran hijau. kacang,kunmgtelur, cereal.

6.TEMBAGA (Cu) - COBALT (Co) & MANGAAN sama-sama dibutuhkan dengan zat besi dalam pembentukan Hemoglobin.
SUMBER ALAMI Cu: Kacang-kacangan, hati sapi dan babi, udang, dan hampir semua Seafood.
SUMBER ALAMI Co: Daging, ginjal, hati. susu, kerang.

7.MOLYBDEN (Mo) harus ada didalam enzim yang dibutuhkan unluk me-tabolisme karbohidrat dan lemak.
SUMBER ALAMI Mo: Sayur-sayuran hijau. kacang-kacangan.

8.KALIUM (K) - NATRIUM (Na) & CHLORIDE (CL) bekerja sama dalam mengatur keseimbangan cairan lubuh dan menormalisir denyut (ritme) jantung. Juga fungsi otot dan syaraf terganggu dengan terganggunya kadar K dan Na.
SUMBER ALAMI K; Pisang,kentang,jemk,tomat,sayur hijau,biji bunga matahari.

9.IODIDE (IODIUM) dibutuhkan dalam kelenjar Gondok (=Thyroid), yang mana diperlukan untuk pertumbuhan yang normal. Juga dipertukan dalam metabolisme lemak yang berlebih.
SUMBER ALAMI lodium: Seafood,bawang,kelp.

10.FLUORIDE (F) dapat mengurangi kemungkinan menderita CARIES GIGI yang berarti mengurangi kenjsakan gigi,
SUMBER ALAMI F: Seafood,gelatin.

11.SULFUR (S atau Belerang) perlu untuk rambut,kuku dan kulit yang sehat Menjpakan sebagian dari bahan dasarjaringan yang bersenyawa dengan asam amino.
SUMBER ALAMI S: Ikan.telur,daging sapi,kacang kering,kubis

12.VANADIUM dapat mencegah terdapatnya kolesterol didalam pembuluh darah yang berarti dapat mencegah anda dari serangan jantung.
SUMBER ALAMI Vanadium: Ikan.

13.CHROMIUM (Cr) dapat membantu pertumbuhan,menurunkan tekanan darah,bekerja sama dengan insulin dalam metabolisme gula
SUMBER ALAMI Cr : daging ayam.dagingsapi.minyakjagung.ragi.

KEBUTUHAN MINERAL PER HARI UNTUK ORANG DEWASA

Calcium : 800-1200 mg
Magnesium : 300-450 mg
Selenium : 50-200 mg
Kalium : 1,875-5,625 mg
Natrium : 1,1-3,3 mg
Besi :10-18 mg
Phosphor :800-1200 mg
Zink : 15 mg
Fluoride : 1 mg
lodium : 150 mg
Molybden : 150-500 mg
Cobalt : < 8 mg
Mangan : 2,5mg - 5 mg.
Chromium : 50-200 mg

FUNGSi HATI

Hati(Liver) kita adalah organ terbesar didalam tubuh kita,beratnya 1,5 kg dan bekerjanya 24 jam sehari.
Fungsi hati: Mengubah semua makanan,menetralkan racun yang masuk dari lambung dan usus,memproduksi enzim/empedu.
Yang dapat merusak hati : Alkohol dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama (CIRRHOSIS = mengerasnya hati). Juga makanan yang terialu
banyak dapat menyebabkan seJ-se! hati lama-lama menjadi rusak.


sumber : http://farmasiku.com/index.php?target=pages&page_id=makanan_yang_kita_butuhkan

0 komentar:

Posting Komentar