Jumat, 23 November 2012

Keuntungan Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut


Masalah gigi dan mulut jangan pernah dianggap sepele. Sebab, mulut dan gigi merupakan pintu masuk penyakit berbahaya bagi organ dalam manusia, seperti paru-paru, hati, jantung, serta organ-organ vital lainnya.
Banyak orang sering mengabaikan kesehatan gigi dan mulut.
Mungkin karena letaknya yang tertutup dan tersembunyi. Padahal, kondisi gigi dan mulut ini juga  berpengaruh besar pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.
Untuk merawat gigi dan mulut sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menyikat gigi sehabis makan, dan membersihkan lidah dengan teratur. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya seperti menjaga kesehatan tubuh. Jika kebersihan gigi dan mulut tidak dijaga dengan baik, bisa timbul komplikasi yang tidak hanya memicu penyakit serius
tetapi juga kematian. Untuk itu selalu jaga kesehatan gigi dan mulut, karena ada beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan menjaga kebersihan Gigi dan mulut :
1. Meningkatkan kepercayaan diri.
Penyakit gigi ataupun gusi tidak hanya menimbulkan rasa nyeri tetapi juga aroma nafas yang tidak sedap. Jika hal itu terjadi tentu saja, kepercayaan diri Anda akan menurun. Dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, Anda bisa terhindar dari penyakit yang memicu aroma tidak sedap. Kondisi gigi dan mulut yang sehat tidak akan menimbulkan masalah bau mulut.
2. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung.
Peradangan kronis yang terjadi pada gigi maupun gusi bisa memicu penyakit kardiovascular. Contohnya, penyumbatan pembuluh darah dan stroke. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kondisi gigi dan mulut berpengaruh pada kesehatan jantung.
3. Menjaga daya ingat.
Orang dewasa yang mengalami gingivitis (pembengkakan atau pendarahan pada gusi), hasil tes daya ingatnya lebih buruk dibandingkan orang dewasa yang kondisi gigi dan mulutnya sehat. Hal tersebut menurut laporan “Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry”. Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh, kondisi gigi dan mulut juga mempengaruhi daya ingat seseorang. Untuk mencegah terjadinya gingivitis, perhatikan kebersihan gigi dan gusi derta makanan yang Anda konsumsi.
4. Membantu wanita hamil melahirkan pada waktunya.
Sebuah penelitian menujukan wanita yang mengalami masalah gigi dan gusi selama kehamilan, resiko melahirkan bayi prematurnya cukup tinggi. Risiko lainnya yaitu, meskipun bayi lahir tepat pada waktu berat badannya bisa kurang. Usahakan selama kehamilan, periksa secara teratur gigi Anda ke dokter, terutama jika ada masalah serius.
http://www.kedokterangigi.net/256/keuntungan-menjaga-kebersihan-gigi-dan-mulut.html

0 komentar:

Posting Komentar