Senin, 04 Maret 2013

Minum Obat dengan air susu ?

Jangan minum obat dengan susu' sebagian orang sudah sangat akrab dengan kata-kata itu ketika akan meminum obat-obatan oral (tablet, kapsul, kaplet,sirup) Kenapa susu tidak boleh dicampur dengan obat ? Obat yang dikonsumsi secara oral akan lebih efektif efektif bagi seseorang jika dikonsumsi dengan cara pemakaian yang benar dan diserap dengan baik oleh tubuh. Obat oral harus diserap dari saluran pencernaan hingga masuk ke dalam aliran darah lalu dikirim ke jaringan sel yang sakit.
Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap obat adalah kondisi keasaman lambung, ada atau tidak makanan didalamnya yang mengandung lemak akan lebih lama dalam proses penyerapan obat, dan zat kimia kalsium yang banyak terkandung dalam susu. Beberapa obat seperti keluarga antibiotik yang mengandung rumus kimia tetrasiklik dan minosiklik akan bereaksi dengan susu.

Kalsium yang terdapat dalam susu akan mengikat obat tersebut sehingga membuatnya tidak larut dalam usus dan mencegah penyerapan obat tersebut ke dalam jaringan sel tubuh, Mengonsumsi susu setengah liter saja sudah bisa mengurangi efektivitas antibiotik hingga 80 persen. Kalsium juga bisa mengganggu penyerapan obat osteoporosis. Sebaiknya hindari minum susu dalam waktu 2 jam sebelum minum obat. Karenanya menjadi hal yang sangat penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada botol atau bungkus obat, atau akan lebih baik lagi masyarakat selalu menanyakan kriteria obat yang dikonsumsinya pada Apoteker di apotek.

Susu memang minuman yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tetapi saat meminum obat sebaiknya tidak disertai minum susu dan Sebaiknya hindari minum susu dalam waktu 3 jam sebelum dan sesudah minum obat agar penyerapan obat ke dalam tubuh lebih maksimal sehingga meningkatkan efek kesembuhannya. Minum obat yang paling baik dengan air mineral (air putih/bening) yang tidak memiliki senyawa kimia yang dapat bereaksi dengan tubuh. sedikit tips sebelum minum obat dengan air putih/bening yaitu berdoa dulu di depan air tersebut karena dengan berdoa maka molekul kristal-kristal air akan berbentuk lebih baik sehingga membantu efek kesembuhannya..tidak percaya ?? silahkan dicoba... :)

Sumber : http://farmatika.blogspot.com/2012/06/minum-obat-dengan-air-susu.html

0 komentar:

Posting Komentar